Cara Meningkatkan Kosa Kata Bahasa Inggris (Vocabulary)

Jika bahasa Inggris adalah sebuah kendaraan, maka kosa kata (vocabulary) adalah bahan bakarnya.

Semakin penuh bahan bakarnya, kendaraan itu akan melaju lebih jauh. Jika bahan bakarnya sedikit, bisa-bisa mogok di tengah jalan,, hee.

Berikut ini cara meningkatkan kosa kata bahasa Inggris yang saya kutip dari buku Dijamin Pede Ngomong Inggris.

  1. Mencari Jenis Kata

Dengan cara ini, Anda bisa mengetahui banyak kata dari satu sumber kata saja. Untuk itu, Anda harus mengetahui jenis-jenis kata terlebih dahulu.

Misalnya Anda tahu kata “beautiful” (cantik) yang merupakan kata sifat. Dari kata ini, Anda bisa mendapatkan kata kerjanya, yaitu beautify (mempercantik), kata bendanya, yaitu beauty (kecantikan), dan kata keterangannya, yakni beautifully (dengan cantik).

Nah, dari satu kata saja, Anda sudah mendapatkan 3 kata lainnya. Kosa kata Anda semakin bertambah bukan?

  1. Mencari Sinonim dan Antonim

Sinonim adalah kata yang bermakna sama. Antonim adalah kata yang berlawanan makna.

Contoh sinonim dari beautiful misalnya, adalah pretty, handsome, good-looking, lovely, dan alluring. Sementara contoh antonim dari beautiful adalah ugly, awkward, horrible, bad, dan inelegant.

Untuk mencari sinonim dan antonim dari suatu kata, caranya gampang sekali. Anda tinggal masuk ke situs thesaurus.com lalu ketik kata tersebut di kolom search, lalu akan muncul sinonim dan antonim dari kata tersebut.

  1. Buat Daftar Kata

Membuat daftar kata dibutuhkan untuk mengetahui dan meninjau kembali vocabulary yang sudah Anda pelajari.

Sebaiknya, Anda punya buku khusus untuk daftar kata ini. Buku tersebut bukan hanya untuk menuliskan kata-kata yang sudah Anda ketahui maknanya, tetapi juga yang belum Anda ketahui maknanya, bisa Anda tuliskan.

Dengan membuat catatan, vocabulary baru akan semakin menempel di kepala Anda. Dan ingat, jangan hanya mencatat kata-katanya, tetapi juga menerapkan kata-kata tersebut dalam kalimat.

  1. Gunakan Sesering Mungkin

Mempelajari vocabulary baru setiap hari tidak ada artinya jika tidak sering digunakan. Sebab, lama kelamaan, kata-kata tersebut akan hilang begitu saja.

Untuk itu, sebaiknya Anda menggunakan vocabulary yang telah Anda pelajari sesering mungkin. Bisa dengan cara menuliskannya kembali dalam kalimat, atau mengucapkannya dengan lantang.

(Sumber: Buku Dijamin Pede Ngomong Inggris)

Leave a Reply

Your email address will not be published.