5 Cara Menghidupkan Bahasa Inggris

Cara paling efektif mempelajari suatu bahasa adalah dengan menghidupkan bahasa tersebut. Apa maksudnya? Menghidupkan bahasa (live a language) adalah menjadikan bahasa tersebut bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Dengan kata lain, menggunakan bahasa tersebut secara aktif setiap hari.

Berikut ini saya tuliskan beberapa tips agar bisa menghidupkan bahasa Inggris dalam kehidupan kita sehari-hari.

1. Berpikir Dalam Bahasa Inggris

Bahasa bukan hanya alat komunikasi, tetapi juga merupakan alat berpikir, di mana dari pikiran tersebut terbentuklah kata-kata.

Jadi ketika kita sudah bisa berpikir dalam bahasa Inggris, katakata akan keluar dengan sendirinya.

2. Menulis Dalam Bahasa Inggris

Agar kegiatan menulis berjalan efektif, sebaiknya Anda membaca artikel bahasa Inggris terlebih dahulu. Tidak perlu artikel yang berat, tetapi artikel-artikel yang ringan cukup membantu Anda utnuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris Anda.

Carilah artikel bahasa Inggris yang menarik bagi Anda di internet. Ingat, yang menarik bagi Anda. Sebab ketika Anda tertarik dengan artikel tersebut, hal itu akan membuat aktivitas membaca Anda terasa lebih menyenangkan.

Setelah Anda membaca artikel tersebut, cobalah Anda menuliskannya kembali dengan kata-kata Anda. Pada tahap awal, tidak usah terlalu memikirkan grammar. Tulis saja katakata yang ada di benak Anda.

3. Bermedia Sosial Dalam Bahasa Inggris

Daripada Anda menghabiskan waktu untuk melihat status orang lain yang mungkin tidak terlalu penting, lebih baik Anda gunakan media sosial untuk belajar bahasa Inggris. Anda bisa gunakan Facebook atau Twitter untuk menulis dalam bahasa Inggris.

Add friend atau follow orang-orang yang biasa menulis status dalam bahasa Inggris. Pelajari struktur dan kata-katanya, lalu Anda adopsi kata-kata tersebut untuk membuat kalimat lain yang bisa mengekspresikan pikiran Anda.

4. Membaca Berita Dalam Bahasa Inggris

Saya sarankan ketika Anda membaca berita menarik dalam bahasa Indonesia, carilah berita serupa yang ditulis dalam bahasa Inggris.

Ketik di Google untuk mencari berita tersebut, lalu baca artikelnya secara perlahan. Buat catatan dan pelan-pelan pahami maksudnya.

Ketika Anda sudah membaca berita tersebut versi bahasa Indonesia, Anda akan lebih mudah memahaminya dalam versi bahasa Inggris.

5. Menonton Kanal Youtube Berbahasa Inggris

Aktivitas ini juga menjadi salah satu favorit saya. Setiap hari, saya menonton chanel-chanel Youtube berbahasa Inggris, baik itu tentang pelajaran bahasa Inggris, vlog, berita, ataupun tutorial.

Jika Anda suka cerita, mungkin kanal Youtube Your Story Animated cocok buat Anda. Di situ diceritakan kisah-kisah nyata yang dibuat dalam bentuk animasi. Jika Anda suka public speaking, Ted Talks akan bermanfaat buat Anda.

Di sana ada banyak orang berbagi kisah inspiratif dalam bahasa Inggris baik dengan aksen Amerika maupun British.

Dan yang lebih saya sarankan lagi, Anda membuat kanal Youtube sendiri dalam bahasa Inggris. Anda bisa mengunggah video-video latihan berbicara Anda ke kanal Youtube Anda.

Jika masih merasa tidak pede, Anda tidak perlu mempublikasikannya. Cukup mengubah setingannya menjadi private, maka hanya Anda sendiri yang bisa menonton video tersebut.

(Rangkuman buku Dijamin Pede Ngomong Inggris hal 37-43)

Leave a Reply

Your email address will not be published.