3 Hal yang Menyebabkan Anda Gagal Menguasai Bahasa Inggris

Setidaknya 3 alasan inilah yang menyebabkan Anda (merasa) gagal menguasai bahasa Inggris.

1. Tidak Punya Tujuan yang Jelas dan Terukur

Seperti halnya berkendara, baik menggunakan kendaraan pribadi maupun umum, Anda tentu mempunyai tujuan. Bayangkan ketika Anda naik taksi, tetapi tidak mempunyai tujuan.

Tentu saja, hal itu tak hanya membuat sopir taksi bingung, tetapi Anda sendiri juga akan berputar-putar tidak jelas.

Anda akan menghabiskan banyak waktu, biaya, dan tenaga, tetapi pada akhirnya Anda sampai di tempat yang sama sekali tidak diharapkan.

Seperti itulah belajar bahasa Inggris. Jika tidak mempunyai tujuan yang jelas, Anda akan menghabiskan banyak waktu untuk mempelajari grammar, menonton channel Youtube pelajaran bahasa Inggris secara acak, mendengarkan podcast dari situs-situs belajar bahasa Inggris secara acak, dan mengonsumsi berbagai pelajaran bahasa Inggris lainnya.

Bukan berati hal itu tidak baik. Namun ketika Anda tidak punya tujuan yang jelas, waktu Anda akan habis untuk belajar tanpa bisa menggunakannya sesuai dengan kebutuhan Anda.

2.Tidak Realistis

Alasan berikutnya yang menyebabkan Anda gagal dalam menguasai bahasa Inggris yaitu karena tujuan Anda tidak realistis.

Agar tujuan Anda realistis, Anda harus mengetahui posisi Anda sekarang.

Di mana level bahasa Inggris Anda sekarang. Apa saja kelemahan Anda sekarang, dan apa saja yang perlu Anda tingkatkan.

Fokuslah pada hal tersebut. Menetapkan tujuan yang realistis lebih baik ketimbang mematok tujuan yang begitu besar, tetapi pada akhirnya hanya akan membuat Anda frustrasi.

3. Tidak Punya Action Plan

Alasan lainnya yang menyebabkan Anda gagal dalam menguasai bahasa Inggris, yaitu tidak punya action plan (rencana aksi). Action plan adalah serangkaian rencana aksi untuk mencapai tujuan Anda.

Contoh sederhana misalnya, Anda sekarang ada di Bandung pukul 12.00 dan ingin tiba di Jakarta pukul 15.00.

Artinya, Anda punya tujuan ke Jakarta dan harus sampai di sana dalam waktu tiga jam. Lalu, action plan Anda adalah moda tranportasi apa yang memungkinkan agar Anda sampai di Jakarta tepat waktu? Anda bisa menentukan sendiri, apakah naik bus, kereta, atau kendaraan pribadi.

Dengan kata lain, action plan adalah tujuan-tujuan kecil yang harus Anda capai untuk mencapai tujuan Anda secara keseluruhan.

Ingat, banyak orang yang gagal mencapai tujuan bukan karena mereka tidak punya tujuan yang besar. Namun, karena mereka tidak bisa menjabarkan tujuan besar tersebut menjadi tujuan-tujuan kecil.

(Rangkuman Buku Dijamin Pede Ngomong Inggris hal 2-7)

Leave a Reply

Your email address will not be published.